Rabu, 29 Agustus 2012

Samsung Balik Tuduh Apple Menjiplak

AppId is over the quota

Ilustrasi (Ist.)Jakarta - Samsung mulai membela diri dalam perkara hukumnya di pengadilan California melawan Apple. Vendor asal Korea Selatan itu menolak dituding telah menjiplak desain Apple. Mereka pun balik menuduh Apple melanggar paten.

Samsung menyatakan desain smartphone dan tabletnya sama sekali tidak terinspirasi atau meniru iPhone dan iPad. Namun berdasarkan berbagai produk dan paten milik Samsung sendiri.

Apple memang memperkarakan Samsung terkait peniruan desain. Apple menilai beberapa ponsel Galaxy menjiplak bentuk maupun antar muka produk Apple.

Pakar software yang bertindak sebagai saksi Samsung, Clifton Forlines, menyatakan teknologi kunci yang dipakai di perangkat mobile sudah ada sejak dahulu sebelum ada iPhone dan iPad. Misalnya layar sentuh, zoom dan memindahkan ikon di layar.

Tidak sekadar membela diri, Samsung juga menuduh balik Apple telah meniru dan memakai patennya. Woodyard Yang selaku profesor Harvard University menguatkan bahwa Apple melanggar tiga paten Samsung di iPhone.

Paten dimaksud terkait fitur bookmarking foto, mengirim email dengan sebuah foto dan fitur memainkan musik di background sementara pengguna mengakses menu yang lain. Samsung mengklaim sudah mematenkannya sebelum kehadiran iPhone generasi pertama pada tahun 2007.

Saksi Samsung yang lain adalah Italy Sherman, pendiri sebuah perusahaan konsultasi IT. Dia menunjukkan tablet Hewlett Packard TC1000 yang dirilis tahun 2002, jauh sebelum kedatangan iPad. Ia menyatakan desain tablet itu hampir identik dengan iPad.

Sherman menyatakan desain seperti sudut-sudut yang melengkung di tablet adalah hal yang mendasar dan fungsional sehingga Apple sebenarnya tidak berhak mematenkannya. Demikian seperti dilansir eWeek dan dikutip detikINET. Kamis (16/8/2012).

( fyk / ash )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar